Mendesak Makan Menghindari Kanker Payudara

Dapat Mendesak Selera Makan Sampai Menghindari Kanker Payudara

Kamu yang suka masak kemungkinan telah dekat dengan biji adas (Foeniculum vulgare) agar dapat mendesak selera makan untuk menghindari kanker payudara. Ya, bumbu masak yang ini kerap jadi pugas (topping) roti, nasi kebuli, kari, atau masakan Timur tengah yang membangkitkan hasrat. Tetapi, tahukah kamu jika biji adas simpan banyak faedah kesehatan?

Baca Juga: Dampak Kesehatan Untuk Perilaku Sex Bebas

Mengarah FoodData Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (FDA), biji adas fresh dengan berat 234 gr memiliki kandungan gizi selaku berikut ini:

  • 73 kalori
  • 17 gr karbohidrat
  • 2,9 gr protein
  • 7,3 gr serat
  • 0,47 gr lemak
  • Tidak ada cholesterol

Selain itu, satu cangkir biji adas memiliki kandungan kalium, natrium, vitamin A, vitamin C, vitamin B-6, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, kolin, niasin, selenium, dan mineral penting yang lain.

Saat sebelum konsumsi biji adas

Biji adas sesungguhnya aman untuk dimakan asal masih juga dalam ukuran yang seperlunya. Biji adas memiliki kandungan senyawa estragole yang memiliki sifat karsinogen bila dimakan dengan jumlah yang banyak.

Disamping itu, konsumsi biji adas secara berlebihan berkesempatan mengakibatkan masalah galaktorea atau keluarnya cairan seperti susu dari payudara. Ditambahkan lagi, Anda akan bertambah lebih peka pada cahaya matahari waktu konsumsi biji adas secara teratur.

Biji adas tidak dianjurkan untuk wanita yang lagi hamil. Ini sebab biji adas memiliki kandungan senyawa estrogenik yang kuat yang mempunyai potensi mengusik perkembangan dan perubahan janin dan menjadi toksin untuk sel janin.

Biji adas jangan dimakan oleh orang yang lagi konsumsi beberapa obat spesifik, seperti pil estrogen dan obat kanker.

Adas atau dengan bahasa Latin disebutkan Foeniculum vulgare, ialah tanaman obat beraroma. Tanaman ini warna hijau dan putih, dengan daun berbulu dan bunga kuning. Biji adas mempunyai yang manis sedikit pedas hingga sering dipakai untuk menambahkan cita-rasa masakan.

Tetapi, kecuali manfaat kulineran, biji adas tawarkan bermacam faedah kesehatan. Berikut lima faedah biji adas, dikutip dari Healthline.

  • Kaya gizi

Kecuali rendah kalori, biji adas memberi banyak gizi penting. Vitamin C, misalkan, bagus untuk kesehatan ketahanan tubuh, pembaruan jaringan, dan kolagen.

Vitamin C bertindak selaku anti-oksidan kuat pada tubuh, membuat perlindungan dari kerusakan sel sebab radikal bebas. Adas dan biji adas dilengkapi dengan mineral mangan, yang perlu untuk aktivasi enzim, metabolisme, pelindungan sel, perubahan tulang, peraturan gula darah, dan pengobatan cedera.

  • Mengandung senyawa tanaman kuat

Faedah biji adas yang paling mencolok berawal dari anti-oksidan dan senyawa tanaman yang dikandungnya.

Banyak, ya? Dari bermacam nutrisinya itu, berikut faedah kesehatan dengan mendesak selera Makan Menghindari Kanker Payudara yang akan kamu bisa

  1. Mendesak selera makan

Biji adas tidak cuma bisa menambahkan cita-rasa pada masakan, tetapi bisa juga mendesak selera makan. Sudah pasti ini berguna buat kamu yang pengin turunkan berat tubuh.

Menurut satu riset dalam Journal of the Korean Society of Clinical Nutrition tahun 2015, sembilan wanita sebagai simpatisan disuruh untuk minum 250 mililiter teh yang dibuat dari 2 gr biji adas saat sebelum makan siang.

Dari riset itu, diketemukan jika biji adas dapat mendesak rasa lapar dan kurangi konsumsi kalori sepanjang makan. Diketemukan jika anethole, elemen khusus dari adas, adalah senyawa yang sanggup mendesak selera makan.

  1. Tingkatkan seksresi susu pada ibu menyusui

Adas telah bisa dibuktikan memiliki karakter galaktogenik yang bisa tingkatkan sekresi susu. Ini dibetulkan dalam riset yang diedarkan dalam BioMed Research International Journal tahun 2014. Senyawa organik anethole seperti dianethole dan photoanethole dalam biji adas bisa dibuktikan bisa tingkatkan dampak galaktogenik yang bagus untuk tingkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui.

Walau demikian, rupanya biji adas memiliki efek yang bisa bikin rugi bayi, seperti pengurangan berat tubuh dan kesusahan makan. Karenanya, saat sebelum memilih untuk memakai biji adas selaku peningkat jumlah ASI, akan lebih bagus kamu konsultasi dahulu sama dokter.

  1. Mempertahankan kesehatan jantung

Teratur konsumsi adas, baik biji, daun, atau pelepahnya benar-benar berguna untuk mempertahankan kesehatan jantung. Ini karena kandung serat yang tinggi, mana yang ini dapat menolong kurangi resiko penyakit jantung.

Dalam tiap 87 gr biji adas mentah memiliki kandung 3 gr serat atau 11 % dari keperluan serat harian.

Mengarah pantauan ilmiah dengan judul “Dietary fibre intake and risk of cardiovascular disease: systematic ulasan and meta-analysis” dalam BMJ Journal tahun 2013, ada 22 studi yang menyambungkan konsumsi serat tinggi pada makanan dengan resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Disamping itu, diketemukan jika tiap 7 gr serat yang dimakan setiap hari dapat turunkan resiko penyakit jantung sampai 9 %.

  1. Kurangi tanda-tanda menopause

Berdasar pembahasan pada 10 riset yang diterbitkan dalam Journal of Menopausal Medicine tahun 2018, adas dapat kurangi gatal-gatal pada vagina, kepuasan seksual pada wanita, masalah tidur, kekeringan pada vagina, dan kurangi tanda-tanda menopause.

Adas dipandang efisien kurangi tanda-tanda menopause sebab karakter antibakteri yang tinggi. Tetapi, sayang faedahnya baru dapat berasa jika konsumsi biji adas dalam skala besar.

  1. Memperkuat tulang

Kandung mineral dan vitamin dalam adas berguna juga untuk memiara dan memperkuat susunan dan kemampuan dan kesehatan tulang, lho. Dari situs Medical News Today, vitamin dan gizi pada adas yang bagus untuk tulang salah satunya:

  • Fosfat dan kalsium untuk jaga susunan tulang
  • Besi dan seng yang bermanfaat untuk produksi dan memperdalam kolagen
  • Mangan ialah mineral yang dapat membuat matriks tulang
  • Vitamin K bisa percepat peresapan kalsium, modifikasi protein matriks tulang, dan kurangi pembuangan kalsium dalam urine
  1. Mencegah kanker payudara

Bermacam senyawa kuat yang ada pada adas dapat memberikan dukungan badan menantang penyakit akut, seperti kanker. Salah satunya senyawa yang bisa aktif menantang kanker ialah anethole.

Zat flavonoid, alkaloid dan fenol dalam adas bermanfaat membuat perlindungan sel badan dari gempuran kanker. Manfaat adas untuk kesehatan bukan hanya untuk tingkatkan menahan kanker, tapi juga bisa untuk tingkatkan kekebalan badan. Daun adas bisa juga teratur dimakan selaku bahan sayur yang nikmat untuk dikonsumsi.Sama riset dalam Journal of Phytomedicine tahun 2012, anethole bisa dibuktikan dapat mendesak perkembangan sel dan menginduksi apoptosis pada sel kanker payudara manusia.

Walaupun hasilnya kedengar janjikan, tapi diperlukan riset selanjutnya untuk betul-betul menunjukkan manfaat adas selaku penyembuhan alami atau pilihan kanker.

Walaupun adas memiliki faedah kesehatan yang banyak, tetapi bumbu masak yang ini masih dapat mengakibatkan reaksi alergi, bahkan juga dapat kronis pada sebagian orang. Jika sesudah mengkonsumsinya kamu alami reaksi alergi, hentikan konsumsinya dan kontrol diri ke dokter.

Satu kembali yang harus diingat, hanya memercayakan biji adas untuk menahan atau menyembuhkan penyakit bukan perlakuan pas. Masih mengonsumsi makanan sehat, terhitung bumbu masak, yang beragam, supaya keperluan gizi harianmu tercukupi. Disamping itu, kamu perlu menyeimbanginya dengan berolahraga teratur, tidur memadai, dan urus depresi secara baik.