Manfaat Obat Herbal Indonesia Terbaik

Manfaat Obat Herbal IndonesiaManfaat Obat Herbal Indonesia, Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis tanaman obat yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki resep tersendiri dalam mengolah jamu menjadi tanaman obat. Namun dengan menggunakan kembali obat alami tentunya akan meminimalisir efek samping dari obat yang digunakan.

Selain itu, mengetahui berbagai tanaman obat yang berkhasiat dalam mengobati penyakit akan menghilangkan ketergantungan User pada obat-obatan kimia. Di bawah ini ada beberapa tanaman obat dan manfaat yang dimiliki untuk mengobati penyakit.

baca juga Manfaat Jahe dan Resiko

Jadi, kita tidak lagi membutuhkan obat-obatan kimia atau tidak alami, karena kita sudah memilikinya. Jangan khawatir, kita bisa menemukannya di kebun atau mungkin peternakan di sekitar kita. Oke langsung saja kita ke ramuan pertama yang bisa menyembuhkan penyakit User yaitu belimbing wuluh.

1. Belimbing Wuluh

Manfaat Obat Herbal Indonesia TerbaikJangan bayangkan belimbing wuluh ini memiliki bentuk seperti belimbing wuluh pada umumnya. Belimbing wuluh juga dikenal sebagai sayuran belimbing wuluh karena sering dijadikan bumbu untuk memberikan rasa asam yang kuat. Selain memberikan rasa yang enak, dapat membantu User menghilangkan penyakit User.

Fungsi lain belimbing wuluh selain sebagai bumbu masakan adalah untuk obat tradisional. Mulai dari buah, batang, daun dan bunganya bisa dimanfaatkan sebagai obat. C Bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, reumatik, dan dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

2. Temu Lawak

Temulawak merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam Manfaat Obat Herbal Indonesia  untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah akar atau sering juga disebut rimpang. Bagian ini sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Manfaat tanaman temulawak adalah untuk mengatasi gangguan ginjal, pencernaan, membuat jantung lebih sehat, dan menjaga kesehatan hati. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. Apalagi bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu manfaatnya akan berlipat ganda.

3. Lidah buaya

Tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat adalah lidah buaya. Yup, lidah buaya disebut sebagai tanaman sejuta manfaat karena banyaknya Manfaat Obat Herbal Indonesia yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Selain fungsi utamanya untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Sebagai tanaman obat lidah buaya berkhasiat untuk mengobati penyakit serangan jantung, diabetes, sakit tenggorokan, sembelit, dan masih banyak penyakit lainnya yang bisa diobati dengan tanaman ini. Jadi pastikan tanaman ini tersedia di pekarangan User.

4. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Kumis Kucing sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tumbuhan ini bisa dijadikan bahan untuk membuat obat dengan ramuan dan takaran tertentu hingga menjadi sangat ampuh.

Khasiat tanaman yang paling terkenal ini adalah sebagai obat kencing batu. Tanaman ini akan meluruhkan kencing batu sehingga bisa melancarkan saluran kencing. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, batuk, pilek, diabetes, dan hipertensi.

5. Keji Beling

Keji Beling sangat terkenal di kalangan herbalis. Tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah memiliki beragam Manfaat Obat Herbal Indonesia , juga bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Daunnya mengandung banyak zat penting seperti fosfor, natrium, kalsium dan kalium. Bagian akar banyak mengandung polifenol dan flavonoid sedangkan batangnya mengandung saponin dan tanin.

Manfaat tanaman keji beling dapat digunakan sebagai obat batu ginjal, diare, penurun kolesterol, dan mengobati diabetes. Salah satu manfaat mengetahui tanaman obat dan manfaatnya akan memudahkan User dalam memilih obat dari penyakit yang diderita.

6. Daun jarak

Sejak zaman dahulu, daun jarak telah digunakan sebagai obat herbal. Tak heran jika tanaman ini termasuk dalam tanaman obat kehidupan. Daun, buah, bahkan bijinya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pantas saja penjajah mengincar tanaman ini dan membawanya ke negaranya.

Daun jarak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, rematik, dan bengkak akibat luka. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak. Ini adalah tanaman obat yang luar biasa dan khasiatnya dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif.

7. Daun Beluntas

Tanaman obat yang satu ini memang sudah dikenal oleh banyak orang, namun hanya sedikit yang mengetahui Manfaat Obat Herbal Indonesia dari tanaman beluntas. Sifat tumbuhan yang memiliki banyak cabang dan daun ini sering dijadikan sebagai pagar taman yang indah. Tapi, juga memiliki beberapa manfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Daun beluntas dapat digunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan, menghilangkan bau mulut, mengobati keputihan, mengobati rematik, perut kembung, dan meredakan nyeri pinggang. Tanaman yang sangat membantu memang. Itu sebabnya banyak orang mulai menanamnya setidaknya satu di rumah mereka.

8. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Green chiretta ini berasal dari India dan Sri Lanka. Saat ini tanaman ini tumbuh subur di berbagai daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara di benua Amerika.

Daun sambiloto dapat digunakan sebagai obat penurun panas tubuh, melancarkan kencing, obat sakit perut, dan mengobati diabetes. Dalam sebuah penelitian, sambiloto juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula sebanding dengan penambahan suspensi glibenklamid.

9. Daun dewa

Daun dewa merupakan salah satu tanaman obat yang banyak digunakan untuk obat herbal. Jenis tanaman ini biasanya tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 200-800 dpl. Orang di Jawa menamakan tanaman ini dengan daun sambung nyowo.

Daun sambung nyowo, seperti nama yang diberikan tanaman ini memang memiliki beragam Manfaat Obat Herbal Indonesia, salah satunya untuk mengobati penyakit kronis. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun ini adalah kanker, darah tinggi, wasir, diabetes mellitus, dan pendarahan. Selain itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati memar, racun.

10. Ajeran

Sangat mudah untuk menemukan tanaman ini. Namun mungkin User tidak akan menyangka bahwa tanaman ajeran dapat digunakan sebagai obat. Ya, karena tanaman ini awalnya merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di sekitar taman dan pagar. Tapi, itu menyembunyikan banyak manfaat di dalamnya.

Ajeran memiliki nama latin Bidens pilosa L dan masih satu kerabat dengan tanaman jenis Labiatae. Manfaat Obat Herbal Indonesia daun ajeran adalah untuk menurunkan demam dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Selain itu bisa juga digunakan untuk membasuh mata, rebus terlebih dahulu kemudian tunggu hingga airnya dingin kemudian gunakan untuk membasuh mata.

11. Akar Buluh

Manfaat Obat Herbal Indonesia TerbaikTumbuhan yang satu ini sudah tidak asing lagi karena sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat obat tradisional. Tanaman ini sering menjadi gulma bagi tanaman pertanian. Itu sebabnya banyak petani mencabutnya atau menghilangkannya dengan bahan kimia.

Padahal akarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk menyembuhkan penyakit ginjal, mimisan, batu kandung kemih, keputihan dan masih banyak lagi manfaat lainnya. User juga dapat menggabungkan tanaman ini dengan tanaman obat lain untuk membuat obat yang ampuh untuk menghilangkan penyakit.

12. Daun cincau

Manfaat Obat Herbal Indonesia TerbaikTentu User sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini bukan? Ya, tanaman ini sering diolah menjadi cendol yang memiliki beragam Manfaat Obat Herbal Indonesia untuk kesehatan tubuh. Daun cincau pada umumnya memiliki 2 jenis yaitu hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

Khasiat tanaman obat ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes mellitus, sakit maag, dan menyembuhkan tifus. Betapa menakjubkan bukan? Mungkin ini adalah tanaman obat yang memiliki rasa yang enak.