Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

29 Manfaat Ginseng untuk KesehatanManfaat Ginseng untuk Kesehatan, Ginseng dipercaya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan semua aspek tubuh. Ini adalah ramuan obat berharga yg digunakan terutama di Cina, Jepang dan Korea. Ginseng yg paling umum adalah ginseng Amerika, ginseng Cina dan ginseng Korea.

Manfaat kesehatan ginseng dikaitkan dengan adanya senyawa sehat di dalamnya seperti:

  • Ginsenosides
  • Polipeptida
  • Alkaloid
  • Polisakarida

Selanjutnya, ginseng adalah sumber mineral yg baik seperti kalsium, kalium, talium, besi, mangan, tembaga, strontium dan seng.

Baca juga: Manfaat Obat Herbal Indonesia Terbaik

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Tiga puluh satu jenis ginsenosides yg berbeda telah diisolasi dari ginseng dan masing-masing mempunyai khasiat obat yg luar biasa.

Baru-baru ini, ginseng telah mencapai popularitas di seluruh dunia. Akar ginseng digunakan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh, meningkatkan kekuatan fisik dan semangat. Disebut ‘raja segala herbal’ karena mempunyai solusi untuk setiap penyakit atau gangguan. Mari kita simak manfaat ginseng untuk kesehatan:

Efek Anti-Diabetes

Berbagai studi klinis telah mengamati bahwa ginseng mencegah timbulnya komplikasi diabetes. Tingkat stres oksidatif yg tinggi menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. Ginseng mengurangi stres oksidatif pada individu dengan diabetes.

Ginsenoside hadir dalam ginseng meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot. Dengan demikian, lebih sedikit glukosa yg ada dalam darah dan lebih banyak digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Lebih lanjut meningkatkan sekresi insulin dan membantu dalam menormalkan kadar glukosa darah.

Pelindung Jantung

Penelitian telah mengungkapkan bahwa ginseng melindungi jaringan jantung dari kerusakan dan mencegah gagal jantung. Ini membantu dalam pengelolaan diabetes mellitus, kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, yg adalah faktor risiko penyakit jantung.

Ginseng juga melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan tingkat stres oksidatif.

Ginsenosides hadir dalam ginseng merangsang pelepasan oksida nitrat yg pada gilirannya menyebabkan relaksasi arteri dan pelebaran pembuluh darah. Tindakan seperti itu memastikan aliran darah yg lancar ke seluruh tubuh tanpa memberikan beban atau tekanan pada jantung. Ginseng lebih melindungi lapisan dalam jantung dan mencegah kerusakan.

Efek Anti-Penuaan

Ginseng adalah agen anti-penuaan yg kuat. Paparan kulit secara terus menerus terhadap sinar ultraviolet (UVR) bisa menghasilkan radikal bebas. Kolagen adalah protein yg ada di kulit yg bertanggung jawab untuk kekuatan, elastisitas dan kehalusan kulit.

UVR mempengaruhi kolagen kulit dan mengganggu sistem pertahanan antioksidan kulit, memulai proses penuaan.

Ginseng mendukung peremajaan kulit dengan mengurangi stres oksidatif. Lebih lanjut mengurangi serangan radikal bebas dan melindungi kolagen. Ginseng juga menghambat pembentukan kerutan dan menghidrasi kulit.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Gejala utama gangguan terkait kelelahan kronis termasuk suasana hati yg berubah dan kurang konsentrasi. Ginseng meningkatkan tingkat konsentrasi, serta, meningkatkan keterampilan berpikir, yg membuat seseorang aktif secara mental dan waspada. Dengan demikian, ginseng membantu dalam menghilangkan kelelahan mental.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa stres oksidatif adalah kontributor penting dari kelelahan kronis. Ginseng mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menurunkan stres oksidatif. Selain itu, senyawa sehat hadir dalam ginseng mengais radikal bebas dan memainkan peran penting dalam mencegah kelelahan.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa ginseng merah dari negara Korea berhasil menambah fungsi kognitif pada manusia yang memiliki penyakit Alzheimer. Ginsenoside meningkatkan memori dan pembelajaran dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup sel-sel otak. Lebih lanjut melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

Ginseng juga membantu dalam transmisi sinyal dan pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh sedangkan, selama penyakit Alzheimer transmisi tersebut dipengaruhi karena kerusakan sel-sel otak.

Ginseng mengurangi peradangan sel-sel otak dan mencegah gangguan memori.

Meningkatkan Kesuburan

Dalam praktik medis tradisional Tiongkok, ginseng bertindak sebagai afrodisiak. Ini digunakan untuk mengobati disfungsi seksual dan meningkatkan perilaku seksual. Pada pria, ginseng meningkatkan kualitas sperma, serta jumlah sperma. Tindakan seperti itu dikaitkan dengan adanya ginsenosides di ginseng.

Selanjutnya, penelitian telah mengamati bahwa ginseng membantu dalam pengobatan disfungsi ereksi bila dikonsumsi tiga kali sehari selama 2 sampai 3 bulan.

Ginseng mempromosikan produksi dan pelepasan oksida nitrat yg membantu otot-otot untuk rileks. Hal ini memungkinkan darah untuk memasuki tubuh ereksi, sehingga menyebabkan ereksi.

Selain itu, pengobatan dengan ginseng meningkatkan pelepasan testosteron (hormon seks pria).

Paparan racun lingkungan yg berkepanjangan bisa menyebabkan penurunan tingkat kesuburan.

Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian 6 gram ginseng per hari selama 8 minggu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Selain itu, kadar HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik meningkat yg bersifat melindungi jantung.

Ginseng meningkatkan aktivitas superoksida dismutase, antioksidan yg mengurangi sintesis kolesterol. Malondialdehyde, adalah senyawa berbahaya yg meningkatkan kadar kolesterol LDL dan stres oksidatif. Ditemukan bahwa ginseng mengurangi tingkat malondialdehid dan selanjutnya mencegah kenaikan kadar kolesterol LDL.

Mencegah Kanker

Ditemukan bahwa ginseng efektif melawan kanker usus besar, lambung, hati dan prostat. Ginseng membantu dalam mengurangi ukuran tumor dan mencegah penyebarannya ke bagian lain dari tubuh.

Senyawa yg ada dalam ginseng menurunkan tingkat stres oksidatif dan peradangan, yg keduanya memainkan peran penting dalam menyebabkan kanker. Ini lebih lanjut membantu dalam membuang racun dari tubuh dan menyebabkan kematian sel kanker.

Ini mengurangi stres, kelelahan dan kecemasan yg terkait dengan kanker dan meningkatkan tingkat energi. Dengan demikian, ginseng membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dan membantu dalam pengelolaan kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian telah mengkonfirmasi efek positif ginseng pada pengaturan tekanan darah. Ditemukan bahwa pemberian dosis tinggi ginseng membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Ginseng meningkatkan produksi oksida nitrat yg pada gilirannya menyebabkan arteri melebar. Ini meningkatkan aliran darah tanpa meningkatkan tekanan darah.

Catatan: Beberapa penelitian telah mengamati bahwa pemberian ginseng dosis rendah bisa meningkatkan tekanan darah. Tetapi efek seperti itu diamati pada individu dengan tekanan darah rendah.

Berbagai jenis ginseng

Ada berbagai jenis ginseng yg bisa dibedakan berdasarkan tempat asalnya. Dalam hal efek obat, ada perbedaan kecil antara berbagai jenis ginseng. Sifat obat yg paling bisa ditemukan dalam jenis ginseng berikut:

  • Panax ginseng (ginseng Korea): bentuk paling kuat yg paling sering digunakan.
  • Panax quinquefolius (ginseng Amerika)
  • Eleutherococcus senticosus (ginseng Siberia)

Apa manfaat lain dari ginseng?

Salah satu alasan ginseng mempunyai kekuatan penyembuhan adalah karena mengandung adaptogen. Adaptogen adalah zat yg ada pada tanaman tertentu dan dikenal karena sifat penyeimbang, restoratif, dan pelindungnya. Zat-zat ini menyesuaikan fungsinya sesuai dengan kekurangan dalam tubuh Anda, yg membuatnya sangat istimewa. Misalnya, mereka meningkatkan respons tubuh terhadap stres dan membuatnya lebih mudah untuk mengatasi kecemasan dan kelelahan.

Resep Memakai Ginseng

Susu Ginseng Sehat:

Bahan-bahan:

  • Susu – 1 cangkir
  • Bubuk akar ginseng – 1 sendok teh
  • Madu – 1/2 sendok teh
  • kapulaga – 1

Metode persiapan:

  • Tambahkan bubuk akar ginseng dan kapulaga ke dalam susu dan didihkan
  • Angkat dari api dan tambahkan madu ke dalamnya
  • Aduk rata dan minum selagi hangat