Kerjakan 11 Rutinitas Baik Ini sesudah Nge-gym

Kerjakan 11 Rutinitas Baik Ini sesudah Nge-gym

Ditanggung Kekar, Kerjakan 11 Rutinitas Baik Ini sesudah Nge-gym

Angkat barbel, cek. Lari di atas treadmill, cek. Telah mengakhiri program latihanmu ini hari? Waktunya beres-beres dan pulang. Nah, pertanyaannya, Rutinitas Baik sesudah Nge-gym?

Sesungguhnya, memproses otot tak terbatas pada tempat gym. Malah, apa yang kamu kerjakan sesudahnya, itu yang membuat kegiatan rutin fitness-mu sukses! Gym sediakan alat dan individual trainer untukmu supaya sukses. Tetapi, jika rutinitas sesudah fitness-mu amburadul, perjalananmu ke arah tubuh kekar dambaan masihlah jauh.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat

Kegiatan rutin saat nge-gym yang tidak cuma berguna untuk memperbesar otot, lho. Kamu juga bisa menjaga stamina dan energi supaya masih maksimal waktu istirahat, hingga menolongmu masih stabil pada program fitness atau kesehatan.

Nah, ingin tahu kegiatan rutin sesudah workout apa yang perlu kamu jaga? Berikut 11 Rutinitas Baik sesudah Nge-gym.

  1. Hindari dehidrasi

Badanmu berkeringat waktu lakukan olahraga intensif seperti angkat beban, kardio, dan yang lain waktu fitness. Oleh karenanya, isi cairan kembali (rehidrasi) sesudah nge-gym sangat berguna. Kecuali melegakan dahaga, rehidrasi tingkatkan elastisitas otot, membuat kemampuan, dan menahan ngilu otot.

Tak perlu banyak-banyak, cukup minum 500 ml air putih atau minuman sehat seperti air kelapa, teh hijau atau hitam, dan susu cokelat. Disamping itu, kamu dapat pilih minuman olahraga rendah gula sebab memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium dan natrium, yang bisa menahan dan menurunkan kram otot setelah nge-gym.

Harus diingat, kamu harus menghindar minuman yang begitu manis, mengandung kafein, dan mengandung alkohol. Minuman-minuman seperti itu malahan dapat membuat kamu dehidrasi. Telah haus, malahan lebih haus!

  1. Ngemil sehat

Kecuali rehidrasi, kamu bisa juga makan cemilan sehat 45 menit sesudah nge-gym. Dengan demikian, kamu dapat isi kembali simpanan energi otot dan mengawali proses pemulihan. Seharusnya, konsumsi cemilan sehat yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat. Mengapa?

Karbohidrat menolong isi kembali tingkat glikogen hingga energimu dapat diperbaharui. Makanan berkarbohidrat tinggi yang pas untuk dikonsumsi sesudah olahraga diantaranya:

  • Ubi;
  • Buah segar;
  • Susu cokelat;
  • Havermut;
  • Pasta gandum utuh;
  • Roti gandum;
  • Quinoa;
  • Kacang-kacangan.

Sesaat, protein menolong percepat pemulihan otot dengan sediakan asam amino yang menolong membenahi dan membuat kembali otot. Berikut sumber protein yang bagus:

  • Susu;
  • Yoghurt;
  • Telur;
  • Keju;
  • Daging tanpa ada lemak;
  • Ikan;
  • Whey protein;
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian;
  • Makanan memiliki bahan landasan kedelai;
  • Protein bar rendah gula.
  1. Olahraga enteng waktu tidak olahraga

Nantikan dahulu! Meskipun ototmu benar-benar perlu waktu untuk sembuh sesudah latihan yang intensif, bukan bermakna kamu dapat berleha-leha dan menganakemaskan diri! Kamu dapat terus lakukan olahraga enteng pada hari-hari pemulihan dari program fitness, seperti joging, berenang, atau yoga. Pengin cepat kejar sasaran, kan?

Lakukan pemulihan aktif bisa menolong menahan penimbunan asam laktat, buang toksin, dan tingkatkan perputaran darah. Anekaragamkan latihanmu di luar gym dapat menolong menarget barisan otot yang lain dan membuat otot bekerja secara berlainan.

  1. Janganlah lupa istirahat

Sesudah usai olahraga, janganlah lupa untuk lakukan pendinginan, supaya detak jantung dapat kembali pada detak umumnya.

Pendinginan menolong hentikan aglutinasi darah dibagian pinggang ke bawah, pemicu khusus pusing sesudah gym. Disamping itu, pendinginan yang pas dapat menolong menurunkan depresi, menahan ngilu otot, dan menahan luka.

Pikirkan untuk tutup sesion fitness dengan status savasana sepanjang 5 menit untuk tingkatkan kesehatan badan sesudah latihan intensif.

  1. Makan dengan teratur

Kamu pengin turunkan berat tubuh dengan nge-gym? Itu ide yang baik. Tetapi, kamu juga harus memerhatikan skema makan. Jauhi melepaskan jam makan. Kecuali menganiaya diri, melepaskan jam makan gagalkan program fitness dan kamu malahan tidak berhasil merampingkan badan.

Melepaskan jam makan bisa menyebabkan faedah olahraga menguap demikian saja, sebab mengakibatkan otot alami atrofi, atau penyusutan. Membuat otot dengan latihan intensif menolongmu tingkatkan metabolisme badan, hingga menolongmu turunkan berat tubuh secara berarti.

  1. Menukar bahan makanan

Untuk membakar lemak, tentukan makanan yang menggerakkan pengurangan berat tubuh, seperti terhitung produk susu rendah lemak, cabai, dan beberapa bijian.

Sesaat, untuk konsumsi protein, kamu diajurkan untuk konsumsi sumber protein dari ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, makerel, dan tuna. Disamping itu, kamu dapat pilih daging tanpa ada lemak, seperti babi has dalam (tenderloin) dan dada ayam.

  1. Janganlah lupa pengenduran

Otot ngilu dan kaku sesudah olahraga? Salah satunya pemicunya ialah minimnya pengenduran atau stretching. Masukkan kegiatan rutin pengenduran otot sesudah program fitness, waktu otot masih pada kondisi hangat. Stretching menolong memanjangkan, menurunkan kemelut, dan tingkatkan elastisitas otot.

Berasa susah bergerak sesudah nge-gym? Pengenduran habis latihan fisik menahan ngilu otot, menurunkan kemelut, dan tingkatkan bentang gerakmu. Dengan demikian, mobilisasi juga tidak terhalang, bentuk badan bisa diperbarui, dan otot juga semakin rileks.

  1. Mandi air dingin

Masih menyinggung ngilu otot sesudah program fitness. Mandi air hangat benar-benar nikmat, apa lagi sesudah gym. Tetapi, mandi air dingin sesungguhnya menggerakkan pengobatan, menahan infeksi, dan menurunkan kemelut otot.

Bahkan juga, kamu bisa juga coba mandi es yang dapat menurunkan ngilu dan infeksi otot. Disamping itu, mandi air dingin dapat menolong tingkatkan kualitas tidur saat malam hari.

  1. Anjuran yang lain

Imbangkan latihan fitness dengan skema makan yang sehat. Jauhi kurangi kalori dan melepaskan jam makan. Disamping itu, penting untuk dicatat jika makan dengan jatah begitu besar atau konsumsi kalori dari produk buatan tidak direferensikan untukmu yang pengin membuat otot atau kurangi berat tubuh.

Waktu latihan intensif, tidak boleh memaksakan diri untuk mengusung beban yang lebih dari kekuatan badanmu. Hal itu bisa mengakibatkan tegang otot dan luka. Disamping itu, sering tampil rasa mual tiba-tiba karena itu. Disamping itu, janganlah lupa untuk latih pernafasan sepanjang olahraga dan sesudahnya. Bila pernafasan tidak teratur, karena itu kamu akan kekurangan oksigen yang diikuti dengan pusing.

  1. Kenapa harus memerhatikan kegiatan rutin saat workout?

Supaya latihanmu berbuah manis, penting bagimu untuk selalu berdasar pada program fitness dan kegiatan rutin sesudahnya, dan skema makan yang memiliki nutrisi. Dengan demikian, kamu dapat terus sehat secara rohani dan jasmani.

Tetapi, bila kamu tidak berhasil mengikutnya, kamu malahan berasa capek sendiri serta lebih rawan pada luka. Ini yang membuat kamu sulit untuk selalu memiliki komitmen mengikut satu program fitness. Cheating sedikit? Tidak apa-apa. Tetapi, tidak boleh keterusan dan kembalilah memiliki komitmen selekasnya!

Kamu juga harus tahu batas. Bila badanmu berasa sakit, capek, atau ngilu sesudah work out, istirahat dan tidak boleh diforsir! Supaya bisa naik tingkat seterusnya, yakinkan badanmu sembuh dan sempurna dengan istirahat cukup. Ini penting supaya badanmu bisa bekerja secara optimal, hingga tidak cuma angkat beban, kamu juga tetap jalani hari dengan tambah energi!

  1. Kapan harus konsultasi dengan pakarnya?

Bila kamu menanggung derita masalah kesehatan atau baru jalani program fitness, coba konsultasi dengan trainer. Seorang trainer profesional bisa membuat program spesial supaya kamu dapat penuhi sasaran, keperluan, dan kekuatan badan. Disamping itu, tentunya mereka akan memperlihatkan kegiatan rutin sesudah fitness yang bagus supaya hasilnya optimal.

Kecuali trainer, kamu juga dapat konsultasi dengan pakar nutrisi berkenaan skema makan, kegiatan rutin olahraga, dan sasaranmu. Dengan demikian, mereka bisa membuat program makan yang sesuai program fitness, larangan, dan keadaan kesehatanmu. Kamu juga berasa terpicu untuk selalu memiliki komitmen sampai capai sasaran!

Kegiatan rutin sesudah fitness yang bagus bukan hanya menolongmu membuat badan kekar atau turunkan berat tubuh, tetapi tingkatkan kualitas hidup keseluruhannya. Dengan demikian, kamu juga masih berasa terpacu untuk olahraga sebab hasilnya juga riil.

Itu 11 kegiatan rutin sesudah nge-gym yang seharusnya jadi rutinitas supaya sasaran otot dan badan idealmu bisa selekasnya terwujud. Tidak cuma barbel, rupanya makanan dan istirahat juga penting, lho. Masih semangat sampai kamu memperoleh hasilnya, ya!