Gangguan Kesehatan Karena Merokok

60 Gangguan Kesehatan Karena MerokokGangguan Kesehatan Karena Merokok harus kalian waspadai, karena penyakit tersebut dapat terjadi karena kandungan yg ada di dalam rokok.

Merokok bisa berbahaya bagi kesehatan Kalian dan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti jantung koroner, kanker paru, gangguan kesehatan paru obstruktif, hingga stroke.

Apabila kailan ingin memiliki motivasi untuk menghentikan kebiasaan membakar uang dengan cara merokok, berikut adalah beberapa hal yang semoga dapat menjadi motivasi kalian untuk mengurangi maupun menghentikan kebiasaan merokok kalian. Efek atau bahaya merokok mungkin tidak langsung muncul. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu bermacam zat di dalam rokok dapat membawa bahaya untuk badan. Baca juga: Penyakit Menular Umum Indonesia

Gangguan Kesehatan Karena Sering Merokok

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yg sering di alami oleh perokok ringan maupun berat.

1. Risiko kanker

Bukan hanya kanker paru, merokok juga dapat mengakibatkan kanker di bagian badan lainnya seperti:

  • mulut,
  • laring (kotak suara),
  • faring (tenggorokan),
  • kerongkongan,
  • ginjal,
  • serviks,
  • hati,
  • kandung kemih,
  • pankreas,
  • perut, dan
  • kolon (usus 12 jari).

Jenis rokok apa pun yg Kalian isap, risiko kanker tak dapat dihindarkan. Oleh sebab itu, efek dari merokok akan membuat organ dalam di badan kita menjadi rusak pelan-pelan.

2. Risiko diabetes

Diabetes merupakan salah satu bahaya kesehatan yg dapat muncul akibat merokok.

SElain itu, zat berbahaya seperti nikotin ini akan membuat sel tubuh kita bermutasi sehingga tida dapat merespon insulin alami dari tubuh kita. keadaan disebut dengan resistensi insulin.

Saat resistensi insulin terjadi, kadar gula darah di dalam badan dapat terlalu tinggi. Hal tersebut dikarenakan hormon insulin bertugas membantu badan untuk menyerap glukosa.

Jika dibiarkan, keadaan tersebut dapat menambahkan komplikasi diabetes seperti masalah jantung, kerusakan ginjal, saraf, dan mata.

3. Sistem imun melemah

Asap rokok mengandung tar dan zat kimia lain yg dapat melemahkan sistem kekebalan badan. Saat sistem kekebalan badan melemah, bagian tersebut tidak dapat bekerja maksimal untuk melawan kontaminasi yg masuk.

Hal tersebut membuat Kalian lebih rentan terkena bermacam gangguan kesehatan, bahkan yg ringan sekali pun. Melemahnya sistem kekebalan badan melemah juga membuat Kalian menjadi lebih rentan terkena gangguan kesehatan autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau rematik.

Gangguan Kesehatan Karena Merokok tersebut menyerang sendi di tulang tangan dan kaki. Jika tidak segera diobati, gangguan kesehatan tersebut dapat mengakibatkan keropos tulang dan kelainan bentuk sendi.

4. gangguan kesehatan mata

Menurut National Eye Institute, merokok dapat menambahkan risiko degenerasi makula hingga dua kali lipat pada orang berusia di atas 65 tahun. Degenerasi makula merupakan keadaan saat makula atau titik kecil di dekat pusat retina mengalami kerusakan. Padahal, area tersebut bertugas membuat Kalian dapat melihat benda yg ada lurus di depan.

Meski tak mengakibatkan kebutaan total, degenerasi makula membuat kemampuan mata utama Kalian menjadi terganggu. Rokok juga bahaya untuk mata karena saat Kalian punya diabetes, gangguan kesehatan katarak dan glaukoma jadi komplikasi yg rentan menyerang mata Kalian.

Selain itu, penderita diabetes yg merokok berisiko lebih cepat terkena retinopati diabetik yg dapat mengakibatkan kebutaan.

5. Luka jadi susah kering

Nikotin mengikbatkan saluran darah kita menjadi lebih kencang, dan mengurnagi nutrisi dalam darah yg berfungsi untuk merawat luka. Akibatnya, luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Penyembuhan yg lebih lambat tersebut menambahkan risiko kontaminasi setelah cedera atau operasi. Hal tersebut tentu berbahaya karena bakteri atau virus dapat masuk dan menginfeksi badan.

6. gangguan kesehatan gigi dan mulut

Orang yg merokok berisiko dua kali lipat terkena gangguan kesehatan gusi. Jika Kalian mengisap terlalu banyak rokok dalam sehari, risiko gangguan kesehatan tersebut pun bisa meningkat tajam.

gangguan kesehatan gusi atau yg disebut dengan periodontitis merupakan kontaminasi gusi yg dapat menghancurkan tulang penopang gigi.

bermacam gejala yg biasanya muncul saat seseorang terkena gangguan kesehatan gusi yaitu:

  • gusi yg bengkak dan lunak,
  • gusi berdarah saat sikat gigi,
  • gigi tanggal atau copot, dan
  • gigi sensitif.

Di sisi lain, merokok dapat menodai gigi. Hal tersebut karena area gigi tersebut adalah bagian di mana rokok biasanya menempel saat diisap.

7. Gangguan indra pengecap dan penciuman

Racun yang ada pada rokok akan membuat salah satu indra perasa kita menurun, bahkan rusak sehingga kita tidak dapat merasakan rasa tertentu pada makanan.

Akibatnya, banyak penghisap rokok secara aktif pada umumnya mengalami penurunan pada indra penciuman, selain itu indra pengecapnya juga menurun, hal tersebut juga menyebabkan nafu makan berkurang.

Namun, hal tersebut tidak akan berlangsung selamanya atau permanen. Saat Kalian berhenti merokok, kemampuan tersebut akan kembali dengan sendirinya.

8. gangguan kesehatan Jantung

Merokok sangat berbahaya karena dapat merusak seluruh sistem Jantung Kalian. Nikotin dapat membuat pembuluh darah mengencang yg kemudian membatasi aliran darah.

Lama – lama, terjadi sebuah penyempitan, dan kerusakan pada saluran darah di dlam tubuh kita. keadaan tersebut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada jantung.

Bahaya merokok lainnya untuk Jantung yaitu menambahkan tekanan darah, melemahkan dinding pembuluh darah, dan menambahkan risiko pembekuan darah. Bahkan, orang yg menghisap lima batang atau kurang dari tiu dapat memiliki tanda – tanda terjadinya gangguan kesehatan pada jantung.

9. Masalah saluran nafas

Asap rokok merupakan zat yg dapat merusak paru-paru dan saluran nafas secara perlahan. Seiring berjalannya waktu, kerusakan tersebut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan paru obstruktif kronis (PPOK) yg tidak bisa disembuhkan.

SEmakin sering rokok yg di habiskan, semakin tinggi juga resiko PPOK mengganggu kesehatan kita. Hal tersebut karena merokok memang menjadi penyebab PPOK yg paling umum.

Munculnya suara-suara di dada seperti mengi, berderak, atau bersiul adalah tanda awal PPOK. Sesak napas dan batuk lendir juga jadi gejala yg tidak dapat disepelekan.

Jika keadaannya sudah menjadi parah, PPOK ini membuat penderitanya kesulitan bernafas, menurut kesaksian penderitanya, mereka merasa sulit bernafas seperti saat berada di dalam air.

Masalah Paru-paru yg Paling Rentan Mengintai Penghisap Rokok Aktif

Beberapa gangguan kesehatan akibat merokok yg berkaitan dengan saluran nafas yaitu:

Emfisema

Emfisema merupakan keadaan Saat kantung angin di paru-paru perlahan hancur sehingga membuat napas menjadi pendek. Saat kantung angin rusak, hal tersebut otomatis akan menurunkan jumlah oksigen yg mencapai darah.

Seiring berjalannya waktu, kantung yg sudah pecah tersebut membuat penderita emfisema harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan angin yg cukup. Bahkan, dalam keadaan tidak beraktivitas pun, dada Penghisap Rokok akan terasa sangat sesak.

Bronkitis kronis

Bronkitis kronis merupakan keadaan saat saluran angin memproduksi lendir terlalu banyak. Hal tersebut membuat penderitanya terangsang untuk batuk. Biasanya, keadaan tersebut termasuk salah satu yg paling sering terjadi pada Penghisap Rokok.

Seiring berjalannya waktu, saluran angin akan tersumbat oleh jaringan parut dan lendir. Lama-lama, keadaan tersebut dapat mengakibatkan kontaminasi paru-paru (pneumonia).

Sampai saat tersebut belum ada obat untuk bronkitis kronis. Akan tetapi, berhenti merokok dapat membantu mengendalikan gejalanya. Dan itulah beberapa Gangguan Kesehatan Karena Merokok.